Nama Anggota kelompok : CHALIDA FATHIA
(21210546)
DINAR TRI ANGGRAINI (22210069)
YULIANTI
(28210754)
Kelas : 3EB06
Rangkuman
Buku ini membahas
akuntansi biaya untuk tujuan penentuan harga pokok produk dan pengendalian
biaya. Akuntansi biaya untuk memenuhi kebutuhan manajemen bagi penentuan harga
pokok produk dibahas dalam bab 2 sampai bab 11. Karena pada dasarnya terdapat
dua macam metode penentuan harga pokok produk yaitu metode full costing dan
metode variabel costing, maka untuk tidak menanamkan kesan bahwa perhitungan
harga pokok produk hanya didasarkan pada full costing saja, dalam bab 5
variabel costing disajikan secara terurai metode penentuan harga pokok
produk alternatif yang lebih banyak dikenal dengan nama salah kaprah: direct
costing. Akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok produk dengan metode full
costing dibagi menjadi 2 kelompok: penentuan harga pokok produk dalam
perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan produksi massa (bab 2 – bab
64), penentuan harga pokok produk dengan metode variabel costing dalam
perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan dan berproduksi massa (bab 6)
dan penentuan harga pokok produk dalam perusahaan yang menghasilkan produk
bersama dan produk sampingan (bab 11).
Akuntansi biaya untuk
menyediakan informasi bagi manajemen guna pengendalian biaya, didalam bab 12
diuraikan Sistem Biaya Taksiran, bab 13 Sistem Biaya Standar diuraikan secara
rinci dengan pendekatan full costing dan bab 14 Sistem Biaya Standar diuraikan
dengan pendekatan variabel costing. Uraian akuntansi biaya untuk pengendalian
biaya dimulai dari sistem yang paling sederhana yaitu sistem biaya taksiran dan
dilanjutkan ke sistem pengendalian biaya produksi yang lebih kompleks yaitu
sistem biaya standar. Dalam bab 15 perilaku biaya membahas tentang perekayasaan
informasi biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, yang
bermanfaat untuk masukan bagi penerapan pendekatan variabel costing yang telah
diuraikan dalam bab 5, bab 6 dan bab 14. Sistem akuntansi biaya untuk
menyediakan informasi biaya bagi manajemen dalam pengendalian dan pengerahan
kegiatan pemasaran. Dalam bab 16 membahas tentang analisis biaya pemasaran.
Tujuan Penulis
Buku ini ditujukan
penulis bagi mahasiswa pendidikan tinggi jurusan akuntansi dan non akuntansi.
Bagi jurusan non akuntansi penulis berharap mahasiswa dapat memiliki konsep
yang benar mengenai informasi biaya dan mampu memanfaatkan informasi tersebut
dalam melaksanakan fungsi pokok manajemen perencanaan dan pengendalian kegiatan
perusahaan. Sedangkan bagi mahasiswa jurusan akuntansi penulis mempunyai suatu
harapan yaitu mahasiswa dapat memahami konsep dan manfaat informasi biaya dan
mampu “menjual” konsep informasi biaya kepada manajemen yang memerlukan
informasi biaya dalam pengelolaan kegitan perusahaan dan memiliki kemampuan
sebagai perekayasa informasi biaya yang berorientasi kepada kebutuhan
manajemen.
Tujuan Tinjauan Buku
Tujuan kami melakukan tinjauan pada
buku ini adalah untuk mencari dan mengetahui apa yang di bahas penulis dan
tujuan penulis untuk apa menerbitkan buku tersebut sehingga kami bisa
memaparkan isi dari buku ini. Dengan demikian kami mendapatkan konsep dan
informasi biaya yang bermanfaat bagi manajemen dalam pelaksanaan fungsi
perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan di dalam buku ini.
Kesimpulan
Kesimpulan dari buku
ini adalah kami sangat menyarankan kepada mahasiswa jurusan akuntansi dan non
akuntansi untuk dapat membaca serta memahami isi dari buku tersebut. Karena
buku ini tidak hanya membahas pada bidang aspek yang sempit namun penulis
membahas aspek informasi akuntansi biaya secara umum. Selain dari isi buku ini,
penulis juga menggunakan bahasa yang ringan dan contoh suatu informasi biaya
dalam suatu perusahaan yang mudah untuk di pahami pembaca, sehingga buku ini
menurut kami layak untuk di baca mahasiswa jurusan akuntansi dan non akuntansi
agar memiliki kemampuan untuk menyediakan informasi biaya yang sesuai dengan
kebutuhan pemakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar